Perdamaian Ala JK, Poso Tenang, Ambon Damai

Judul: Perdamaian Ala JK, Poso Tenang, Ambon Damai
Pengarang: Hamid Awaludin
Editor: Melvi Yendra
Penerbit: Grasindo (Kompas Gramedia Group), 2009

Pernah ada masa, di Poso dan Ambon,hidup anak-anak manusia amat ditentukan oleh kekerasan. Pada saat itu, ketakutan untuk mati tak pernah lagi terdengar sebab hidup dan mati hanya diantarai oleh sehelai rambut. Suatu ketika poso dan ambon menjadi palangan kekerasan yang membuat nyawa manusia seolah tak berharga.

Syukurlah, bara dendam itu berhasil dikesampingkan. Masa lalu yang penuh murka dan amuk, coba disisihkan lewat sebuah jalan tengah yang damai : duduk berdialog, mencoba menyambung titik taut masa silam, sebelum perang yang penuh keteduhan dan kebahagiaan.

Kedua belah pihak yang dulunya saling mengapak dan bertanding siapa yang lebih dulu menohok, berdatangan ke malino yang dingin, bebas dari hiruk pikuk kekerasan, untuk menyatakan tekad : hidup damai. Mereka saling peluk,saling tatap dengan mata sembap,terharu dan penuh sesal.

Tentang Penulis :
HAMID AWALUDIN. Lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 5 Oktober 1960. Ayah dua anak ini menempuh pendidikan sanjana hukumnya di Univeristas Hasanuddin Makassar,dan merai gelar LL.M, Ph.D di American University, Amerika Serikat. Sebelum menjadi menteri, pria yang satu ini pernah menjadi anggota komisi pemilihan umum. Ia sempat menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada kabinet Indonesia Bersatu. Hamid mewakili Indonesia dalam penandatanganan MOU perdamaian dengan gerakan Aceh Merdeka. Saat ini Hamid menjabat sebagi Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia.[]

2 thoughts on “Perdamaian Ala JK, Poso Tenang, Ambon Damai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *