storyteller

Novel Terbaru Saya, ‘Harmoni dalam ?’

dok. mahaka


Judul: Harmoni dalam ?
Penulis: Melvi Yendra
Penerbit: Mahaka Publishing
Cetakan 1: Desember 2011
Tebal: 344 hal.
Harga: -

Ini dia novel terbaru saya. Judulnya agak lain dari biasa, “Harmoni dalam ?”. Awalnya draft novel ini saya kerjakan sendiri, tapi belakangan, penerbit melakukan revisi atas draft saya. Ada editor di internal Penerbit yang dilibatkan “merampungkan” novel ini.

“Harmoni dalam ?” adalah novel pesanan. Dipesan? Iya, benar. Novel ini ditulis berdasarkan film arahan sutradara Hanung Bramantyo, yang diproduksi Dapur Film Productions dan Mahaka Pictures, yang sempat bikin heboh dan menuai protes beberapa waktu lalu. Anda pasti sudah bisa menebak film apa yang saya maksud. Ya, film “?”. Novel ini ditulis “berdasarkan” film itu. Mahaka Publishing, yang notabene satu payung dengan Mahaka Pictures, ingin melakukan sesuatu, agar kontroversi yang dipicu film “?”, tidak meluas dan kisah dalam film itu bisa dijabarkan dengan lebih logis.

Novel ini saya kerjakan hanya dalam waktu satu bulan. Pihak Penerbit mengajak saya menonton gala premiere film ini, kemudian memberi saya draft final skenarionya yang ditulis oleh Titin Wattimena. Ya, hanya itulah modal saya menulis novel ini. Tak ada waktu buat riset, wawancara, apalagi survei ke lapangan. Waktu itu, Penerbit menargetkan, novel ini sudah beredar saat filmnya masih hangat di penggorengan.

Tapi, sehari setelah gala premiere itu, film ini mulai jadi berita di media. MUI bersuara keras soal film ini, begitu pula beberapa organisasi Islam. Melihat reaksi yang hangat itu, Penerbit ingin novel ini tampil “tidak main-main”. Diskusi mendalam dilakukan beberapa kali. Alur dan plot dibuat sedemikian rupa. Karakter tokohnya diperkuat, dan kisah cinta segitiganya dibumbui secukupnya agar novel ini tak melulu berisi ketegangan.

Tapi karena novel ini melibatkan banyak pihak, tak mudah menemui kata sepakat. Dan itu ternyata makan waktu. Pada titik ini, saya tidak terlalu melibatkan diri. Novel ini tertunda penerbitannya. Sebulan, dua bulan, tiga bulan. Lalu kemudian saya mengira bahwa novel ini tak jadi diterbitkan karena beberapa pertimbangan. Bisa jadi karena isunya tak lagi hangat dan penerbit takut novel ini tak laku. Bisa jadi pula karena Penerbit takut akan ancaman pihak tertentu. Pasalnya, saat sebuah stasiun televisi swasta berniat memutar film “?”, ada organisasi massa yang mengancam akan membakar kantor stasiun televisi swasta itu. Mungkin, sekali lagi mungkin, karena itu pula, penerbitan novel ini tertunda jauh, bahkan saya sempat menerima kabar dari Penerbit bahwa novel ini memang tak jadi diterbitkan.

Tapi, alhamdulillah, kerja keras saya akhirnya mendapat buahnya juga. Novel ini jadi diterbitkan. Tapi sayangnya, saya dikabari setelah novel ini turun cetak. Penerbit mengundang saya ke kantor mereka untuk mengambil jatah buku untuk saya. Di sanalah, di halaman credit title, saya melihat satu hal yang membuat saya kurang selesa, yaitu kesalahan penulisan nama saya (tertulis Melvy Yendra, yang seharusnya Melvi Yendra). Dan bila Anda membaca paragraf pertama di Bab 1, Anda akan menemukan satu kesalahan fatal. Ya, tapi… sudahlah.

Apa yang saya tulis dalam novel ini? Apa hanya sekadar me-novel-kan filmnya, seperti yang dilakukan banyak penerbit lainnya? Tidak, saya justru diminta oleh Penerbit “meluruskan” logika dan menambal bolong-bolong yang banyak sekali ada di versi filmnya. Kalau Anda sudah nonton film “?”, Anda pasti paham maksud saya. Setidaknya, menurut saya, film “?” belum utuh sebagai sebuah cerita. Dan karena belum utuh itulah, saya diminta Penerbit untuk membantu “meluruskan”-nya lewat novel ini.[]

Catatan: Anda tidak perlu menonton film “?” untuk paham kisah dalam novel ini, karena sesungguhnya novel ini sudah utuh menjadi dirinya sendiri.

6 Responses to “Novel Terbaru Saya, ‘Harmoni dalam ?’”

  1. Dwi Kharismawati

    Jadi kepengen baca, Mas Melvi… Tp blom sempet niy mampir2 ktoko buku…

    Like this

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 127 other followers

%d bloggers like this: