Storyteller

David Copperfield, Charles Dickens

“David Copperfield” adalah drama televisi produksi BBC yang diadaptasi dari novel karya Charles Dickens, “David Copperfield”, oleh sutradara Adrian Hodges. Film ini ditayangkan BBC dalam dua bagian. Bagian pertama diputar pada Hari Natal (25 Desember) dan bagian kedua pada Boxing Day (26 Desember) tahun 1999. Ini adalah film pertama aktor Daniel Radcliffe, yang kemudian mencapai ketenaran sebagai bintang film Harry Potter.

Bagaimana kisahnya? David Copperfield adalah anak seorang anumerta. Dia lahir di Blunderstone, Suffolk, tiga bulan setelah ayahnya, yang juga bernama David Copperfield, meninggal dunia. Pada malam kelahiran David, bibinya, Betsey Trotwood tiba di Rookery—rumah keluarga Copperfield—dan penuh antusias menanti-nantikan kelahiran seorang bayi perempuan. Dia yakin bahwa Clara Copperfield akan melahirkan seorang bayi perempuan, dan dia bersikeras anak itu harus dipanggil Betsey Trotwood Copperfield, dan bahwa dia akan menjadi ibu walinya. Namun, ketika anak yang dilahirkan Clara ternyata laki-laki, Betsey tampak ketakutan (seperti pengalaman-pengalaman sebelumnya dengan laki-laki yang semuanya berakhir tragis) dan meninggalkan tempat itu sambil menggerutu.

David tumbuh penuh cinta dan kasih sayang ibunya Clara dan pelayan mereka, Peggotty. Ketika David berumur delapan tahun, Clara bertemu dan jatuh cinta pada Edward Murdstone, seorang pria yang menakutkan buat David. Edward pun tidak menyukai David. Peggotty menawarkan untuk mengajak David ikut bersamanya ke Yarmouth untuk mengunjungi kakaknya, Dan, dan keluarganya, dan David menerima tawaran itu. Ia kemudian bertemu dengan keponakan Dan, Emily.

Ketika mereka kembali ke rumahnya, David tampak shock ketika mengetahui bahwa ibunya telah menikah dengan Murdstone. Murdstone mengundang adiknya yang juga judes, Jane, untuk tinggal bersama mereka, dan dua orang kakak-beradik Murdstones itu dengan cepat mendominasi rumah tangga itu. Clara memiliki sedikit kebebasan mengatur rumahnya sendiri dan Murdstone mengatur rumah tangga itu dengan gaya otoriter. Ia sering menghukum David pergi tidur tanpa makan malam dan aturan-aturan ketat dan tidak adil pada Clara, David, dan Peggotty. Suatu kali Murdstone memberi hukuman pukulan tongkat pada punggung David karena tidak bisa menjawab pertanyaan soal pelajaran yang teramat sulit. David menggigit tangan ayah tirinya itu, dan sebagai hukuman, ia dikirim ke Salem House, sebuah sekolah asrama milik sahabat Murdstone yang juga kasar bernama Mr. Creakle. Di sana, David disiksa berdasarkan permintaan Murdstone. Satu-satunya yang membuat David nyaman adalah persahabatannya dengan James Steerforth, seorang siswa senior dari keluarga kaya dan berpengaruh.

Mau nonton? Yuk!

Episode 1: Childhood Days
Episode 2: Growing Up
Episode 3: Romance is in the Air
Episode 4:Tragedy of Triumph

Sumber: David Copperfield, Kisah Klasik Karya Charles Dickens

2 Comments

  1. asda's Gravatar asda
    January 15, 2013    

    Kirain ada hubungannya dengan ilusionis nomor 1 dunia itu. Ga ada sama sekali ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Categories

Archives