storyteller

Buku dan Kenangan

buku

Sebuah buku ternyata membawa banyak kenangan. Ia datang ke dalam hidup kita, bisa dengan cara tiba-tiba (seperti hadiah ulang tahun, misalnya), atau memang sudah diidam-idamkan sejak lama. Atau ia kita temukan secara tidak sengaja di toko buku, tanpa pernah kita rencanakan sebelumnya. Ia kemudian “ditakdirkan” menjadi milik kita, dan kita “ditakdirkan” memilikinya.

Sebuah buku kadang hadir sebentar saja dalam hidup kita. Ia kita akrabi cuma beberapa hari saja. Setelah selesai kita baca, kita melemparnya ke dalam kardus, atau disisipkan ke dalam rak buku (kadang di sudut terjauh) dan tak pernah kita sentuh lagi selamanya. Kadang-kadang kita sering lupa namanya (judulnya), dan sering pula lupa apakah kita pernah memilikinya. Konyolnya, kita kadang membeli buku yang sama dua kali, saking tidak ingatnya kalau kita pernah memilikinya.

Namun, ada pula buku yang “beruntung”. Ia menjadi kesukaan semua orang. Bahkan ketika ia hadir di tengah-tengah keluarga, semua anggota keluarga ingin menjadi yang pertama membacanya. Saking sukanya, kita suka mengulang-ulang membaca halaman yang sama, atau membaca lagi keseluruhan buku sampai kita benar-benar puas. Kita membicarakannya di kelas dengan teman-teman, menghadiahkannya kepada orang yang kita sayangi, atau begitu sedih ketika buku itu hilang dari rak buku kita di kamar. Kadang-kadang pula, kita ingin suatu saat bisa menulis buku seindah dan sehebat itu.

Dalam hidup saya, saya memiliki beberapa buku yang benar-benar penuh kenangan. Penuh kenangan dalam definisi saya adalah: buku yang mengesankan, buku yang saya miliki dilatari peristiwa “bersejarah”, buku yang memengaruhi hidup saya, dan buku yang membuat saya berubah.

Bagaimana dengan Anda?]

2 Responses to “Buku dan Kenangan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Basic HTML is allowed. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 140 other followers

%d bloggers like this: