http://butheina.wordpress.com

Di Balik Produksi “Omar”

http://butheina.wordpress.com

SETELAH mencicil selama hampir dua bulan, akhirnya saya selesai juga menonton film kolosal terbesar dari Arab Saudi yang berjudul “Omar” (Umar bin Khattab) ini.

Film sepanjang 30 episode—tiap episode berdurasi 44 menit—ini adalah film yang luar biasa. Film produksi 03 Production & MBC Dubai, ini disebut-sebut menghabiskan dana lebih dari Rp200 miliar. Film kolosal yang menggambarkan kehidupan dan sepak terjang Khalifah kedua umat Islam, Umar bin Khattab—diperankan aktor Suriah Samer Ismail—ditayangkan saat sahur bulan Ramadhan tahun lalu di stasiun MNCTV. Tidak hanya di Indonesia, film Omar juga ditayangkan di banyak negara.

Pengambilan gambar film ini dilakukan di Maroko dan Suriah. Alur cerita ditulis oleh Waleed Saif, ahli sejarah yang mengetahui secara detail seluk beluk kehidupan kota Mekkah pada masa itu.

Meski film ini sarat muatan moral dan teladan baik, kehadirannya sempat menuai kontroversi di Mesir dan Arab Saudi. Banyak pemuka Islam yang tidak setuju dengan penayangan film ini. Alasan mereka, film tersebut menampilkan sosok sahabat Nabi Muhammad Saw. yang sebenarnya tidak diperbolehkan. Salah satu ulama Universitas Al-Azhar Kairo dan Pusat Penelitian Hukum Kerajaan Arab Saudi, Dar Al-Ifta bersama-sama mengeluarkan fatwa pelarangan penggambaran wajah atau bentuk fisik Nabi Muhammad Saw. dan para sahabatnya. Untuk itu, mereka mengecam tayangan film Omar ini.

Namun pihak MBC menolak film mereka kontroversial. Mereka menunjukkan bahwa beberapa profesor Islam dan ulama besar Mesir sekelas Yusuf Al-Qardhawi, menilai jika film Omar tidak menyalahi etika atau ketentuan agama. Wallahu a’lam.

Terlepas dari kontroversi itu, menarik membaca data isi dapur produksi film yang disebut-sebut sebagai film kolosal terbesar dunia Arab ini. Data ini dikeluarkan oleh MBC Dubai.

1970 buah pedang
650 buah tombak
1500 ekor kuda
3800 ekor unta
4000 buah panah
400 buah busur panah
170 buah perisai
15 buah drum
14200 meter kain
137 buah patung
39 orang perancang kostum
1600 buah keramik
10000 buah koin perak
7550 buah sandal
322 orang aktor dan aktris
10.000 orang figuran di medan pertempuran
299 orang teknisi dari 10 negara
Kota Tua Mekkah dibangun di atas lahan 12.000 meter persegi
29 set studio dalam ruangan.
89 lokasi pengambilan gambar luar ruangan
322 hari pengambilan gambar dan pos-produksi.[]

One thought on “Di Balik Produksi “Omar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *