Road No. 1 (2010)

www.imbc.com

SEBAGAI seorang sufi (pe-suka film), saya sangat menggandrungi film bertema perang. Namun, dari sekian banyak film yang sudah saya tonton, saya jarang sekali mendapat kesempatan menyaksikan film-film dari Korea (baca: Korea Selatan). Film perang pertama dari Korea yang saya tonton adalah “Taegukgi” yang dibintangi Won Bin. Meski sudah lama dirilis, “Taegukgi” baru sempat saya tonton sekitar setahun lalu. Setelah nonton film yang sangat menguras emosi ini, saya benar-benar merasa rugi telah memandang sebelah mata film-film Korea selama ini.

Kemudian saya menemukan film panjang bertema perang “Road No. 1” ini. Film yang dibagi dalam 20 episode ini menggambarkan betapa luka perang yang menyakitkan akan sembuh oleh kesetiaan, persahabatan, dan pengorbanan. Drama perang ini dibuat dengan latar Perang Korea (25 Juni 1950 sampai 27 Juli 1953) yang dibuat untuk mengenang 60 tahun perang itu. “Road No.1” bercerita mengenai taruna militer yang harus ikut serta dalam perang yang tiba-tiba meletus dan mau-tidak-mau harus ikut bertempur membela kedaulatan negara menghadapi invasi musuh.

Lee Jang Woo (So Ji Sub) tokoh sentral dalam kisah ini, terjun ke kancah perang yang tak pernah dia bayangkan. Namun, dia bisa mengabaikan itu semua dan berhasil mempertahankan hidup, persahabatan, kerja sama, dan ideologinya di dalam situasi perang. Tapi sayang, kekasihnya, Soo Yeong (Kim Na Neul) yang tak sabar menantinya pulang, akhirnya bertunangan dengan seorang perwira bernama Yoon Tae Ho (Yoon Kye Sang).

Judul “Road No.1” sendiri berasal dari nama sebuah jalan nasional No.1 yang digunakan sebagai jalan utama pada tahun 1950 selama perang berlangsung. Jalan ini memanjang dari Seoul ke Pyeongyang.

Drama ini disutradarai Kim Jin Min dan naskahnya digarap oleh Han Ji Hoon, yang juga menulis naskah “Taegukgi”. Dia mengerjakan penulisan naskah film ini selama tiga tahun. Bayangkan!

Dari segi produksi, film ini menelan biaya sebesar 13 miliar Won atau lebih kurang 11,4 juta USD (hitung sendiri berapa rupiahnya) dan pengambilan gambar pertama dimulai pada 11 Januari 2010. Pemirsa menikmati tayangan ini pertama kali pada 23 Juni 2010 di jaringan TV MBC, Korea.

So Ji Sub, pemeran utama, sengaja masuk kamp militer untuk mendalami karakter dan seting drama ini. So Ji Sub sebenarnya sudah menyelesaikan wajib militernya pada tahun 2007, tapi untuk memoles lagi karakternya dalam seni pertempuran, dia mendapat latihan intensif lagi selama beberapa hari. Kerenlah, pokoknya.[]

Judul Road No. 1 Sutradara Lee Jang-Soo, Kim Jin-Min Penulis naskah Han Ji Hoon Pemain So Ji Sub, Kim Ha Neul, Choi Min Soo, dan Yoon Kye Sang Network MBC Jumlah Episode 20 Rilis pertama kali 23 Juni 2010 – 26 August 2010 Bahasa Korea Negara Korea Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *