About

Melvi Yendra, S.T.

Lahir di Batusangkar, Sumatera Barat, 10 Februari 1975. Mulai menulis sejak kelas 6 SD di majalah Ananda dan Bobo. Sejak 1989, menulis cerita pendek di koran-koran terbitan Padang seperti Singgalang, Haluan, Semangat, Canang, dan beberapa koran dan majalah yang terbit di Jakarta seperti Republika, Anita Cemerlang, Hai dan Gadis (beberapa sudah tidak terbit dan beredar lagi). Selain itu juga pernah menulis kisah-kisah epik islami untuk majalah Inthilaq, Ishlah, Sakinah, Permata, Tabloid Fikri, Sabili, Annida, dan Ummi. Pada tahun 1998, terpilih menjadi salah satu Penulis Terbaik versi Majalah Annida. Sejak 2007 sampai sekarang, menulis naskah untuk program sitkom dan serial drama komedi untuk televisi.

Beberapa karyanya sudah dibukukan, di antaranya, Peace Maker F-3000 (2001), Konspirasi (2001), Anugerah Terindah (2002), Prasasti (2004); Lonely Joe (2004); Rendezvous (2007, edisi revisi Anugerah Terindah yang terbit pada 2002). Cerpennya “Datuk Rajo Malano” termasuk dalam Cerpen Terbaik 10 Tahun Annida Berkarya dan diterbitkan dalam buku “Merajut Cahaya” (2001). Cerpennya “Dijemput Malam” terpilih menjadi salah satu karya terbaik dalam Lomba Cipta Cerpen Festival Kreativitas Pemuda 2003 dan dibukukan dalam buku “Yang Dibalut Lumut” (2003).

Melvi juga terlibat dalam penulisan naskah sitkom “The Coffee Bean Show” (Trans TV), “Camera Cafe” (Metro TV), “Lajang” (ANTV), “Abdel-Temon” (TPI), “Kontrakan Tiga Pintu” (TransTV), “Stasiun Cinta” (TransTV), “Saya Terima Nikahnya” (NET-TV), dan “Tukang Ojek Pengkolan” (RCTI). Pernah pula menulis naskah serial animasi anak “Kiko” (RCTI). Sesekali mengisi pelatihan dan seminar tentang menulis dan menerbitkan buku. Pernah bekerja di Majalah Annida, Penerbit Mizan, Penerbit Grafindo Media Pratama, Dompet Dhuafa, dan situs video global Viki. Sesekali masih menyunting dan menerjemahkan buku serta diundang untuk bicara dalam seminar tentang kepenulisan dan buku.

Melvi bisa dihubungi di email melvi.yendra@gmail.com. Selain itu juga aktif bersosialisasi di Twitter, Facebook, Flickr, YouTube, dan Kompasiana

6 thoughts on “About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *